Digital Security

Mengenal Lebih Jauh Cyber Security

Apa Cyber Security?

Cyber security makin populer berhubung makin banyaknya penggunaan komputer seperti desktop, laptop, smartphone, server, dan perangkat IoT (internet of things) serta penggunaan jaringan komputer seperti internet dalam kehidupan umat manusia sehari-hari.

Menurut ISO (International Organization for Standardization), tepatnya ISO/IEC 27032; mengutip dari sejumlah sumber; cyber security atau cyberspace security adalah preservasi dari kerahasiaan, integritas, dan ketersediaan informasi di cyberspace. Adapun cyberspace merujuk pada lingkungan yang kompleks yang merupakan hasil dari interaksi antara orang, peranti lunak, dan layanan-layanan internet melalui penggunaan aneka perangkat teknologi dan berbagai koneksi jaringan; lingkungan yang tidak memiliki wujud.

Dilansir dari CISCO, cybersecurity adalah proses perlindungan sistem, data, jaringan, dan program dari ancaman atau serangan digital.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa cybersecurity atau keamanan siber sebagai tindakan untuk melindungi sistem komputer dari serangan digital atau akses ilegal. Terdapat beberapa elemen dari cybersecurity antara lain, application security, information security, cloud security, network security, disaster recovery/business continuity planning, operational security, dan end-user education. Elemen-elemen ini sangat penting  guna memastikan keamanan cybersecurity secara keseluruhan, karena risiko terkena ancaman digital terus meningkat dan ancamannya pun semakin beragam.  Maka dari itu, penting untuk melindungi sistem bahkan dari risiko terkecil sekalipun.

Jenis-jenis Cyber Security

  • Network Security

Network security atau keamanan jaringan merupakan upaya perlindungan jaringan internal dengan meningkatkan keamanan jaringan. Network security sangat penting bagi perusahaan yang menggunakan sistem jaringan untuk setiap aktivitasnya. Tindakan perlindungan ini dapat melindungi aset perusahaan dari ancaman cyber crime dan juga dapat mengelola lalu lintas jaringan agar lebih efisien. Salah satu contoh network security adalah penggunaan antivirus dan firewall guna mendeteksi ancaman yang berasal malware.

  • Could Security

Jenis keamanan siber satu ini mengacu pada upaya untuk melindungi data yang tersimpan di cloud. Beberapa hal yang dilibatkan dalam perlindungan ini adalah teknologi, kebijakan kontrol, dan layanan yang mendukung keamanan cloud. Cloud security adalah salah satu aspek penting dalam memastikan keamanan data. Beberapa ancaman bagi cloud security di antaranya pencurian data, penyalahgunaan data, dan pembajakan lalu lintas layanan

  • Application Security

Application security adalah jenis keamanan siber yang digunakan untuk meningkatkan keamanan aplikasi dari berbagai ancaman. Aplikasi dapat diakses dari berbagai jaringan yang memungkinkan adanya serangan siber. Hal ini menjadikan aplikasi rentan terhadap ancaman siber sehingga perlu menerapkan application security. Beberapa cara yang dapat memastikan bahwa proses keamanan bekerja dengan baik adalah prosedur autentikasi, otorisasi, enkripsi, logging, dan uji keamanan aplikasi.

Penerapan Cyber Security sehari-hari

  • Menggunakan password yang aman

Buatlah password yang kompleks, ganti password secara rutin, jangan gunakan password yang sama untuk beberapa aplikasi, dan ganti pengaturan default password pada device baru. Gunakan password manajer yang dapat dipercaya untuk membantu maintain password. Beberapa aplikasi menyediakan two-factor authentication sebagai langkah tambahan untuk melindungi identitas dan data Anda.

  • Update password secara berkala
  • Tidak Login di banyak device
  • Adopsi teknologi, tetapi tetap waspada

Jika kamu berjalan di kota yang asing, kamu akan lebih waspada pada siapa yang berada di sekitarmu atau mengikutimu. Terkoneksi tidak berarti hal buruk akan terjadi, tetapi tetap waspada, pahami best practice, dan bagaimana mengimplentasikannya. Contohnya, jangan buka attachment email jika tidak yakin pengirimnya dapat dipercaya, jangan mengklik link pada email asing, serta berpikir sebelum mengklik link untuk menghindari bencana yang diakibatkan serangan malware.

  • Keamanan Data

Keamanan dan kerahasiaan data berbeda, tetapi saling berhubungan. Ingatlah tidak ada yang gratis. Kamu memberikan data untuk mendapatkan aplikasi/service gratis. Pikirkan apakah aplikasi/service gratis ini sebanding dengan data yang diberikan. Ketika informasi ada di dunia maya, informasi itu akan berada disana untuk waktu yang cukup lama dan bisa kembali padamu secara tidak terduga dan tidak diharapkan.

Related Posts

Tangkal Spam Bersama ESET Smart Security

Entah kenapa saya seminggu terakhir ini ada keluhan spam email dari 3 klien saya dan nampaknya cukup parah , ya kebetulan saja mereka semua mempergunakan teknologi End Point…

Mengenal Lebih Jauh ESET Anti-Virus

Di era digital yang serba cepat seperti sekarang, di mana setiap aspek kehidupan kita terhubung dengan teknologi, memastikan keamanan keberadaan digital kita menjadi le bih penting daripada sebelumnya….

Fitur Keamanan Lengkap yang Dimiliki ESET Anti Virus

Dalam era digital saat ini, ancaman terhadap keamanan perangkat dan informasi pribadi semakin meningkat. Inilah mengapa memiliki Anti Virus yang andal dan efektif menjadi sangat penting, Anti Virus…

the screen of a laptop with the windows security button highlighted

Bagaimana Cara Kerja Antivirus Melindungi dari Ancaman Malware?

Antivirus adalah perangkat lunak yang sangat penting dalam melindungi perangkat elektronik kita dari ancaman malware dan virus. Antivirus bekerja dengan cara memindai file dan program untuk mencari tanda-tanda…

a laptop computer sitting on top of a table

Mengapa Komputer Memerlukan Anti Virus?

Dalam era digital yang semakin maju, perangkat elektronik kita menjadi lebih rentan terhadap serangan malware dan virus. Artikel ini akan membahas pentingnya antivirus dalam melindungi perangkat dari ancaman…

a screenshot of a phone

Pahami Penggunaan Two Factor Authentication (2FA)

Dalam era digital saat ini, keamanan informasi menjadi semakin penting. Banyak dari kita menyimpan data pribadi dan rahasia di akun-akun online kita, mulai dari email hingga media sosial….