Digital Security

Menggunakan InPrivate Browsing

Menjelajah internet adalah sesuatu yang menyenangkan dan sudah menjadi bagian sehari-hari dalam hidup kita . Apakah kita berbelanja pada sebuah toko online, atau sekedar menikmati hiburan streaming video , telah menjadi hal biasa .

Namun hal biasa ini , kadang tanpa disadari juga mengundang resiko . Semisal , kita baru saja berbelanja secara online, dan melakukan pembayaran entah menggunakan kartu kredit atau dompet digital ( GoPay, OVO, DANA atau semacam ) , hal itu akan tersimpan dalam catatan penjelajahan kita di internet .

Pihak lain, bisa melihat catatan itu jika kita meminjamkan perangkat kita ( ponsel , notebook atau tablet ) dan pihak lain, bisa saja mempergunakan catatan penjelajahan itu untuk hal-hal yang menyimpang. Untuk itu, adalah sangat bijak untuk memanfaatkan sebuah feature yang disebut dengan InPrivate Browsing

Bagaimana InPrivate Browsing Bekerja

Seperti dijelaskan diatas , bahwa jika kita menjelajah internet, maka browser internet, entah itu Microsoft Edge, Google Chrome, Mozilla FireFox , dsb akan merekam dan mencatat perjalanan kita . InPrivate Browsing tidak akan merekam dan tidak akan mencatat tautan ( URL ) tujuan dan yang telah kita kunjungi.

Bagaimana cara menggunakannya ? Mudah 😀 . Buka browser , dalam contoh berikut ini adalah Microsoft Edge pada Windows 10 . Pada bagian kiri atas, akan nampak 3 titik, klik pada titik tersebut .

Akan muncul sebuah pop-up berisi banyak menu , klik pada menu Jendela InPrivate Baru atau jika menggunakan shortcut , bisa dengan menekan tombol Ctrl+Shift+N .

Sebuah jendela browser baru akan muncul dan berwarna gelap . Seperti nampak dibawah ini .

Nah, silakan mengetik tujuan ( URL ) yang ingin dikunjungi dan browser TIDAK AKAN mencatat apapun yang telah dikunjungi .

Keterbatasan InPrivate Browsing

Aman sepenuhnya 100% ? Sayangnya tidak ! InPrivate Browsing memang tidak akan membuat catatan apapun dari kegiatan kita pada perangkat yang dipergunakan. Namun jejak dari perjalanan yang dilakukan bisa terekam pada server ISP ( Internet Service Provider ) atau jika kita mempergunakan koneksi internet yang disediakan oleh kantor atau sekolah/universitas , jejak kita akan terekam pada server . Atau jika perusahaan atau sekolah dan universitas telah mempergunakan Firewall , maka akan bisa direkam pada log-nya 😀 .

Namun setidaknya InPrivate Browsing disarankan tetap digunakan. Terutama jika kita sering berbagi pakai perangkat dengan teman atau rekan di kantor , agar kerahasiaan pribadi ( Privacy ) diri kita terjaga.

Related Posts

Tangkal Spam Bersama ESET Smart Security

Entah kenapa saya seminggu terakhir ini ada keluhan spam email dari 3 klien saya dan nampaknya cukup parah , ya kebetulan saja mereka semua mempergunakan teknologi End Point…

Mengenal Lebih Jauh ESET Anti-Virus

Di era digital yang serba cepat seperti sekarang, di mana setiap aspek kehidupan kita terhubung dengan teknologi, memastikan keamanan keberadaan digital kita menjadi le bih penting daripada sebelumnya….

Fitur Keamanan Lengkap yang Dimiliki ESET Anti Virus

Dalam era digital saat ini, ancaman terhadap keamanan perangkat dan informasi pribadi semakin meningkat. Inilah mengapa memiliki Anti Virus yang andal dan efektif menjadi sangat penting, Anti Virus…

the screen of a laptop with the windows security button highlighted

Bagaimana Cara Kerja Antivirus Melindungi dari Ancaman Malware?

Antivirus adalah perangkat lunak yang sangat penting dalam melindungi perangkat elektronik kita dari ancaman malware dan virus. Antivirus bekerja dengan cara memindai file dan program untuk mencari tanda-tanda…

a laptop computer sitting on top of a table

Mengapa Komputer Memerlukan Anti Virus?

Dalam era digital yang semakin maju, perangkat elektronik kita menjadi lebih rentan terhadap serangan malware dan virus. Artikel ini akan membahas pentingnya antivirus dalam melindungi perangkat dari ancaman…

a screenshot of a phone

Pahami Penggunaan Two Factor Authentication (2FA)

Dalam era digital saat ini, keamanan informasi menjadi semakin penting. Banyak dari kita menyimpan data pribadi dan rahasia di akun-akun online kita, mulai dari email hingga media sosial….